Uncategorized

Peranan Penting Co-Driver/Navigator dan Teman dekat Rider 2022

Peranan Penting Co-Driver/Navigator dan Teman dekat Rider 2022

Peranan Penting Co-Driver/Navigator dan Teman dekat Rider 2022 – Jika ditelaah berdasar formasi huruf dan maknanya dengan bahasa inggris, Co-Driver/Navigator dapat disimpulkan dengan pendamping atau pengendara supir alternatif di dunia motor balap terutamanya mobil. Kemungkinan memanglah tidak sepopuler rider intinya sebagai spot pertama arah penglihatan mata dan nama. Tetapi peranan co-driver tentu saja betul-betul menolong kerja rider supaya bisa memenangi kompetisi balapan. Secara visual pemula, memang rider lah pengendara mobil sebetulnya dalam mobil. Tetapi perlu diklarifikasi jika kendalian seutuhnya sampai tujuh puluh % ada pada tangan co-driver dan tambahan kru-kru yang lain. Bagaimanakah mungkin? Ya, co-driver pekerjaannya benar-benar penting yakni jadi pengecek pacenote atau deskripsi serangkaian pelintasan atau lap yang perlu ditempuh dengan cermat dan komplet tanpa kekurangan satu apa saja.

Peranan Penting Co-Driver/Navigator dan Teman dekat Rider 2022

Penting bukan peranan dari Co-Driver/Navigator? Jangan sampai menyepelekan tugas seorang ya, walau hal tersebut dipandang remeh. Walau sebenarnya perannya benar-benar penting untuk keberlangsungan karier rider.

Kami beri beberapa misalnya, salah satunya ialah Ade Ramadhan, yang berbakti sebagai co-driver/navigator sampai berpuluh tahun lama waktunya. Untuknya, karier co-driver bukan hanya memberi navigasi atau pembacaan pelintasan saja, juga ikut memanajeri satu kompetisi balapan supaya menang dan capai urutan kesatu dan memenangkan balapan berprestise. Dan menurut penilaian dari pembalap nasional Rifat Sungkar, co-driver dan pembalapnya punyai jalinan yang kuat dan serasi, bersamaan searah supaya sebuah team yang bagus bisa diwujudkan hingga balapan akan makin membahagiakan memburu sasaran juara segenap hati karena konsep yang pas bersamaan searah. Bukan hanya rider yang oke dan terbiasa dan eksper, co-driver juga kekuatannya harus searah dan paling dipercaya, kecermatan dalam memeriksa dan mengetahui kecepatan, berapakah jarak yang pas dan tepat untuk dilewati, fisik dan raga yang sehat kuat dan tahan membanting, baik sisi psikis atau analogi berpikiran supaya keputusan yang diambil dapat searah dengan realita. Kesensitifan yang besar dan lembut dari co-driver/navigator mengomando si rider dan menolongnya saat kondisi dalam hadapi kelokan, selanjutnya beberapa hal tertentu saat kecepatan melebihi batasan lalu diwajibkan untuk mengerem dengan tepat tanpa kurangi kecepatan tentu. Juga untuk catatan-catatan penting baik itu kecepatan atau keadaan jalur pelintasan baik sisi kelokan dan lebar jalan selalu harus jadi perhatian untuk rider senior.

Baca Juga; Rally Navigator Bagian Terpenting Dari Tim Rally

Untuk menghindar kecelakaan atau salah komunikasi di antara rider dan co-driver/navigator, semestinya selalu memperkuat jalinan dan membuat “chemistry” supaya tidak ada kekeliruan dalam berhubungan. Karena akan fatal mengakibatkan jika terjadi ketidak sinkronan dari ke-2 nya. Bangunlah komunikasi sedini kemungkinan, pembicaraan-percakapan yang enteng, sampai merajut jalinan pertemanan juga disarankan. Sama-sama yakin penting juga untuk co-driver dan supirnya supaya tidak ada muncul keraguan dan kemauan jahat yang terjadi. Selainnya dari elemen luar seperti pelintasan, co-driver/navigator harus cermat dalam memeriksa kondisi mobil atau kendaraan yang dipakai rider nanti, janganlah sampai kelengkapan kurang dan ada yang tidak kelar tetapi belumlah diketahui oleh mereka. Seorang co-driver tidak memberi dampak jelek atau dampak negative ke si rider yang justru menghancurkan suasana hati dan emosi dalam memakai mobilnya. Selainnya menghindar perselisihan, co-driver/navigator usaha membangun jalinan baik di antara rider dan kru yang ikut bekerja dibalik monitor, karena bila ingin memenangi satu kompetisi, sebaiknya gabungan dan kesolidan team diprioritaskan, janganlah sampai ada satu juga yang berasa sombong akan kekuatannya malah menghancurkan jalinan kebersama-samaan ini. Karena jalinan yang dibina harus pada kondisi baik ada, seharusnya lewat proses penyesuaian dulu sepanjang beberapa saat supaya muncul kesesuaian. Jika sudah mendapati pasangannya, akan sulit untuk ganti kembali karena proses penggabungan konsep yang cukup makan beberapa waktu. Berkenaan upah, tentu saja semuanya sudah ditata, bergantung pembicaraan yang sudah dibikin awalnya bersama pembalapnya atau sopir, apabila dapat raih juara akan membahagiakan sekali dapat share hadiah yang diberi sama rata secara adil ke timwork yang telah berusaha keras.

Bagaimana Co-Driver/Navigator rally dapat tentukan tipe tikungan di lajur balapan?

Peranan Penting Co-Driver/Navigator dan Teman dekat Rider 2022

Saat nanti lomba, co-driver/navigator salah satunya pekerjaannya ya membacakan pacenotes itu ke si driver.

Pacenote sendiri sebagai panduan jalan yang berbentuk code untuk driver berkenaan status/kondisi jalan/medan yang hendak dilewati dalam sebuah stage reli, serupa sebuah peta dan navigator ini sebagai pembaca petanya.

Selainnya petujuk arah, code dari pacenote berisi bermacam panduan yang lain seperti tipe tikungan, elevasi, keadaan tanah, dan info yang lain.

Mengapa dibikin code? Ya Anda pikirkan saja sendiri saat selain driver yang bawa mobil reli dalam kecepatan tinggi Anda membacakan pacenote-nya seperti begini ” belok ke kiri tajam 40 mtr. ke depan dengan keadaan jalan turun lantas ada tanjakan yang dapat disikat dengan kecepatan tinggi, siap siap terbang..” belum usai co-driver baca itu pacenote, mobilnya sudah masuk pelataran orang dan nabrak sapi. “tikungan kiri tajam” dan “jalan turun” juga tidak terang. Berapa derajat membelok dan berapa turun yang diartikan dari “turun” itu. Itu mengapa argumen dibikin pacenote. Analoginya serupa dengan catatan lagu untuk instrument musik. Namun instrument di sini ialah mobil dan lagunya ialah jalan pelintasan. Pacenote sendiri dibikin saat sebelum perlombaan diawali, saat sesion pengamatan (reconaissence) atau umum disebutkan recce. Setiap team reli akan diberi peluang coba track yang hendak digunakan untuk stage lomba, tetapi cuman bisa menggunakan mobil standard dengan kecepatan optimal 80 km/j. Dahulunya, dalam sesion recce. Mobil yang digunakan ialah mobil yang serupa untuk digunakan lomba.

Tagged , , , , , , , , , ,