Site icon navigationfoundation

Rally Navigator Bagian Terpenting Dari Tim Rally

Spread the love

Seorang navigator reli atau co-driver mungkin adalah bagian terpenting dari tim reli. Tanpa navigator, seorang pengemudi tidak akan bisa melewati reli. Mereka memiliki banyak tugas yang harus dilakukan selama acara dan sering kali menjadi perbedaan antara menang dan kalah.

Apa yang dilakukan navigator reli?

Penjaga waktu

Semua reli dijalankan dengan jadwal yang ketat dan setiap bagian dari setiap acara memiliki waktu tertentu untuk memulainya. Navigator reli adalah kepala pencatat waktu dan memantau waktu ini hingga detik. Pekerjaan yang paling penting adalah memastikan pengemudi dan mobil berada di saat dan di mana mereka seharusnya berada selama reli. Itu sebabnya Anda akan selalu menemukan navigator memeriksa arloji atau jam mereka selama acara. Mereka juga bertanggung jawab untuk menyelesaikan dokumen seperti kartu waktu dan menulis catatan kecepatan.

Dengan waktu yang terkendali, tugas selanjutnya adalah membawa pengemudi dan mobil dari satu tempat ke tempat lain. Di sinilah sisi navigasi masuk. Di masa lalu mungkin ada banyak pembacaan peta, penggaris dan bahkan kompas untuk membantu. Saat ini pihak penyelenggara menyediakan buku jalan yang berisi petunjuk rute. Navigator akan memberikan petunjuk arah kepada pengemudi dan memastikan mereka sampai ke tempat yang tepat. Pada sebagian besar demonstrasi modern, buku jalan hanya digunakan di bagian transportasi. Transportasi atau penghubung tidak kompetitif dan mungkin berada di jalan umum. Ini adalah tautan untuk berpindah dari satu bagian reli ke bagian berikutnya.

Bersiap untuk balapan

Begitu mobil reli telah tiba di bagian kompetitif (disebut panggung khusus), segalanya berubah. Ini dengan helm dan waktu untuk balapan. Perhatikan waktu dengan cermat, navigator akan mempersiapkan pengemudi dan siap membaca catatan kecepatan. Lima, empat, tiga, dua, satu, Pergilah! Pada detik yang tepat mobil akan mengaum dengan pengemudi menerima aliran informasi dari co-driver.

Membaca catatan

Catatan kecepatan adalah deskripsi kondisi jalan di depan. Navigator membaca atau memanggil catatan kecepatan sepanjang tahapan khusus. Kiri tiga di atas puncak ke Kanan empat jangan dipotong. Ini mungkin terdengar seperti omong kosong namun itu adalah bahasa khusus yang dipahami antara kru di dalam mobil. Sebagian besar co-driver akan menggunakan isyarat visual untuk mengetahui kapan dan di mana harus menelepon catatan berikutnya. Untuk beberapa acara, komputer perjalanan reli khusus dapat digunakan untuk membantu navigasi.

Menyortir mobil dan kru

Reli memiliki pit stop yang disebut servis. Istirahat ini memiliki jumlah waktu yang tepat yang diizinkan. Navigator reli akan membawa mobil dan pengemudi dari akhir tahap khusus ke layanan di mana kru layanan akan menunggu. Setelah memesan, navigator dapat makan dan minum saat mobil sedang dikerjakan. Mereka akan selalu memantau jam. Mekanik tim atau manajer tim juga sering menanyakan berapa lama waktu yang tersisa untuk mengetahui apakah perbaikan atau penyesuaian dapat diselesaikan tepat waktu.

Mungkin terdengar seperti pekerjaan yang sulit untuk menjadi navigator reli. Ini bisa tampak menakutkan pada awalnya, namun dengan beberapa pelatihan, hampir semua orang dapat melakukannya.

Istilah navigator

Ada banyak istilah yang akrab dengan navigator reli. Kami sudah membahas penghubung, tahapan khusus, dan layanan. Ada beberapa lagi dalam kosakata reli untuk dipelajari juga.

Waktu Terlambat cukup seperti namanya. Jika kru tiba setelah waktu yang tepat, mereka mulai menggunakan waktu terlambat. Biasanya selama acara ada jumlah maksimum waktu terlambat yang diizinkan. Jika ini terlampaui maka pesaing keluar dari reli.

Panggilan navigator

Panggilan adalah instruksi yang diberikan navigator kepada pengemudi selama tahap khusus. Panggilan dibaca dari buku jalan atau catatan kecepatan. Panggilan dapat berupa penyelenggara yang disediakan atau dirancang antara kru. Umumnya panggilan dalam buku jalan kurang rinci. Misalnya panggilan buku jalan mungkin: 200m Belok Kanan atau 300m tikungan jalan ke kiri. Seringkali buku jalan memiliki diagram panggilan di samping kata-kata. Diagram tersebut dikenal sebagai tulip.

Para kru dapat membuat catatan kecepatan sesederhana atau sedetail yang mereka suka. Biasanya sebelum reli dimulai, kru diizinkan melewati panggung dan menulis catatan mereka sendiri. Pengemudi akan berbicara dan navigator akan menuliskan catatan dalam bentuk tulisan tangan mereka sendiri. Setelah ditulis, navigator akan memanggil catatan kembali ke pengemudi selama kompetisi. Contohnya adalah 200 L3 > Puncak 100 R4. Terjemahannya adalah 200m Kiri tiga ke puncak lalu 100m Kanan empat. Angka tersebut merupakan derajat sudut sudut. Pengemudi dan navigator akan memahami panggilan catatan kecepatan mereka dan telah merancang sistem yang bekerja untuk mereka.

Apa yang dimaksud dengan catatan mobil reli?

Pengemudi menggunakan catatan kecepatan untuk memposisikan mobil reli di tempat yang tepat untuk setiap bagian dari panggung khusus. Catatan dapat berbentuk angka atau panggilan deskriptif yaitu: Kotak kiri. Tidak ada cara yang benar atau salah dalam menulis catatan kecepatan. Itu turun ke individu. Katakanlah ada bagian jalan yang memiliki bagian bergelombang, beberapa lumpur di sudut kiri luar dan tunggul di dalam. Ini dapat digambarkan sebagai “Hati-hati, Kasar ke Kiri dua jangan dipotong, lumpur di luar, tunggul di dalam”. Navigator akan menulis instruksi ke dalam tulisan pendek agar lebih mudah dibaca saat mobil dalam kecepatan reli.

Salah satu cara tercepat untuk menjadi navigator reli adalah dengan beberapa pelatihan. Ada banyak istilah dan bagian untuk pemula untuk memahami. Ini lebih dari yang bisa diserap kebanyakan orang dalam beberapa jam. Jika Anda menghadiri pelatihan tatap muka, setelah Anda keluar dari kursus, Anda akan lupa 50% dalam beberapa jam. Untungnya Anda dapat mempelajari dasar-dasar navigasi reli/mengemudi bersama secara online dengan kursus yang tepat. Hal-hal seperti kartu waktu dan kontrol membutuhkan waktu untuk diserap. Mampu kembali beberapa kali untuk meninjau dan menghabiskan waktu sebanyak yang Anda butuhkan untuk belajar sangat berharga.

Pelatihan adalah kunci untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pada akhirnya Anda akan mempraktikkan semuanya dalam reli. Anda tidak akan terlalu gugup mengetahui cara memesan dan ke mana harus pergi sebelum Anda tiba di acara pertama Anda.

Peralatan Navigasi Reli

Dalam banyak acara hari ini Anda tidak memerlukan peralatan khusus untuk navigasi reli. Sebagian besar waktu Anda hanya membutuhkan beberapa pensil, penghapus, dan arloji atau jam yang bagus. Beberapa navigator memiliki kalkulator atau aplikasi di ponsel mereka untuk membantu mendapatkan angka yang benar pada kartu waktu. Saat menggunakan catatan kecepatan, pesaing mengandalkan interpretasi jarak mereka sendiri daripada komputer perjalanan.

Jika reli memiliki buku jalan yang disediakan oleh penyelenggara, hal-hal mungkin sedikit berbeda. Jenis acara ini disebut “reli buta” karena para pesaing belum melihat tahapan sebelum mereka berlomba. Dalam acara ini peralatan navigasi reli tambahan sangat membantu. Biasanya ada komputer reli khusus yang dipasang di mobil di suatu tempat di mana navigator dapat dengan mudah melihatnya. Untuk peristiwa ini, navigator akan memanggil buku jalan dan memeriksa jarak yang ditempuh dengan komputer.

Ada beberapa jenis dan beberapa merek komputer navigasi reli. Mengukur jarak secara akurat, perangkat ini menggunakan sensor yang dipasang pada roda atau sinyal GPS untuk referensi. Selama bertahun-tahun kami telah menggunakan beberapa merek berbeda. Saat ini kami merekomendasikan komputer Monit GPS untuk kemudahan instalasi dan penggunaan. Di area di mana sinyal GPS terputus-putus (banyak gunung atau terowongan), beberapa komputer membaca sensor roda dan GPS.

Exit mobile version